Materi Pelatihan

"Transportation Management" Batch 13
DETAIL PELATIHAN
  • 10 Peserta
  • Materi Kajian: 8
  • File Penunjang/latihan

"Transportation Management" Batch 13

0 Reviews
Rp3.000.000

Rp2.400.000

WAKTU: 15-25 Juli 2024

APA KEUNGGULAN PROGRAM INI?

  • Transportasi merupakan bagian operasional yang sangat penting untuk menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan.
  • Transportation Manager yang kompeten berperan penting dalam perencanaan dan eksekusi strategi manajerial yang berdampak terhadap efisiensi dan profitabilitas perusahaan.
  • Training ini difasilitasi praktisi & pakar transportasi profesional yang berpengalaman.
  • Training ini juga sebagai persiapan mengikuti uji kompetensi/sertifikasi mengelola kegiatan logistik transportasi dari BNSP melalui LSP terkait berdasarkan Skema Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

TUJUAN

  1. Memberikan pengetahuan pengelolaan transportasi secara profesional.
  2. Memberikan pengetahuan kepada para peserta untuk menjadi pengelola logistik transportasi yang kompeten.
  3. Membekali para peserta dengan materi kompetensi untuk mengikuti uji sertifikasi mengelola kegiatan logistik transportasi dari BNSP melalui LSP terkait.

MATERI

  1. Manajemen pengangkutan barang
  2. Manajemen moda transportasi
  3. Pemilihan moda transportasi
  4. Penjadwalan transportasi
  5. Penyiapan pengangkutan barang
  6. Fleet management
  7. Driver management
  8. Teknologi Informasi dalam transportasi
  9. Model transpportasi kuantitatif
  10. Pengelolaan biaya transportasi
  11. Evaluasi kinerja provider transportasi
  12. Topik khusus: Strategi perusahaan transportasi dan pemilik barang menghadapi implementasi kebijakan zero ODOL

SERTIFIKAT

Peserta yang lulus e-certification dari Ruang Logistik mendapatkan e-Certificate dari Supply Chain Indonesia (SCI) yang merupakan lembaga independen terdepan dalam bidang logistik dan supply chain di Indonesia.

e-Certificate ini menjadi salah satu syarat pelengkap untuk mengikuti uji sertifikasi dari BNSP melalui LSP terkait. Ruang Logistik akan memfasilitasi komunikasi dan koordinasi antara peserta dan LSP terkait untuk uji sertifikasi tersebut.

PESERTA

Peserta dari perusahaan manufaktur, transportasi, distribusi, pergudangan, kurir, jasa logistik terintegrasi, retailer, dll., serta dari instansi pemerintahan.

JADWAL PELAKSANAAN

TANGGAL KEGIATAN
15-19 Juli 2024  Belajar Mandiri 
20 Juli 2024  Video Conference 1
21 Juli 2024 Video Conference 2
22 Juli 2024 e-Certification

BIAYA 

Kategori

Biaya (Rp)

Individu 3.000.000
Grup 2.500.000

Keterangan:

  • Diskon 20% bagi 10 peserta pertama (yang melakukan registrasi dan pembayaran).
  • Diskon tambahan 10% bagi peserta yang telah mengikuti program Ruang Logistik sebelumnya.
  • Grup: minimal 3 peserta dari 1 perusahaan.
  • Biaya sudah mencakup biaya e-Training dan biaya e-Certification dari Ruang Logistik/SCI.
  • Biaya tersebut tidak mencakup biaya sertifikasi dari BNSP.
  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan/tidak menyelesaikan program ini.  

FASILITAS

  • Akses 1 bulan ke platform ruanglogistik.id
  • Materi-materi pembelajaran
  • Latihan soal ujian/sertifikasi
  • Video conference dengan fasilitator
  • e-Certificate bagi yang lulus uji sertifikasi

REGISTRASI & INFORMASI

Program ini akan diselenggarakan dengan minimal 10 peserta.

Registrasi & pembayaran s.d. 12 Juli 2024 melalui platform https://ruanglogistik.id

Informasi:
Tari 0821 1515 9595
022 720 5375
info@ruanglogistik.id

Kurikulum

Mengapa transportasi berperan penting dalam logistik? Transportasi berperan dalam distribusi barang dan membantu penumpang melakukan pergerakan sehingga tercipta logistik nasional yang efisien dalam meningkatkan daya saing perdagangan dan ekonomi bangsa baik itu domestik maupun internasional.

Manajemen transportasi atau pengangkutan merupakan kegiatan perencanaan, pengoperasian, dan pengawasan terhadap jalannya transportasi barang maupun penumpang, baik pengangkutan di darat, laut, dan udara. Manajemen angkutan bertujuan agar proses distribusi barang menjadi lebih tertata.

Dalam modul ini akan membahas mengenai logistik dan supply chain management dan ruang lingkup manajemen transportasi.

Moda transportasi menjadikan supply barang lebih mudah dan terjamin sehingga harga barang akan tetap stabil. Pemilihan moda transportasi merupakan proses yang penting karena berfungsi untuk menentukan pembebanan perjalanan atau mengetahui jumlah (dalam arti proporsi) orang atau barang yang akan menggunakan atau memilih berbagai moda transportasi yang tersedia.

Dalam modul ini akan membahas poin penting dalam merencanakan moda transportasi, yaitu prosedur operasional untuk perusahaan transportasi, keselamatan dan kesehatan kerja dalam transportasi, material handling dalam transportasi, dan mengelola driver.

Perencanaan dan penjadwalan merupakan proses pengambilan keputusan yang digunakan secara rutin di bidang transportasi untuk membuat suatu jadwal. Hal itu dikarenakan perencanaan transportasi semakin kompleks, semakin tidak mungkin untuk melakukan proses ini secara manual. Pengoptimal penjadwalan transportasi membuat rute dan shift optimal untuk pengemudi.

Dalam modul ini akan membahas mengenai fleet management dengan penjadwalan transportasi, planning – routing – schedulling, dan loading process & delivery monitoring.

Memilih sarana transportasi atau angkutan membutuhkan pertimbangan yang tepat bagi setiap perusahaan. Sebab, transportasi sangat berpengaruh pada kelancaran kegiatan distribusi barang yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan ialah biaya atau tarif pengangkutan, lamanya waktu pengiriman dan ketepatan waktu tiba barang di tempat tujuan, ketersediaan moda transportasi, dan peluang terjadinya kerusakan barang atau risiko-risiko yang muncul saat pengiriman.

Pelatihan ini menyediakan beberapa informasi mengenai pemilihan moda transportasi jalan, rel, udara, dan laut.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu mengadakan evaluasi kinerja. Evaluasi kerja yang efektif berisikan masukan positif serta poin-poin yang perlu diperbaiki. Dengan begitu, perusahaan dapat mengenali keunggulan yang dapat dipertahankan dan kelemahan yang harus diperbaiki.

Apa saja yang diukur dalam pengukuran kinerja? pengukuran kinerja adalah proses mencatat, mengukur pencapaian pelaksanaan kegiatan dan anggaran dalam arah pencapaian misi melalui hasil-hasil yang ditampilkan berupa produk, jasa, ataupun suatu proses pelayanan publik.

Dalam modul ini akan membahas 2 (dua) poin penting dalam mengevaluasi kinerja antaran, yaitu terkait biaya transportasi dan key performance indicators (KPI).

Third party logistics (3PL) memiliki artian sebagai sebuah perusahaan yang menyediakan jasa outsourcing layanan logistik kepada perusahaan atau individu untuk melakukan satu atau lebih sebuah fungsi yang berada di dalam supply chain management terkhusus dalam urusan pengangkutan.

Evaluasi kinerja Third party logistics (3PL) merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kinerja logistik suatu perusahaan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan, demi terciptanya kepuasan pelanggan secara maksimal.

Lalu apa dampak jika perusahaan tidak melalukan evaluasi terhadap provider transportasi? Dampak yang terjadi adalah adanya beberapa masalah dalam pengiriman yang menyebabkan adanya klaim dari customer dan bertambahnya jam kerja karyawan gudang karena kedatangan armada yang tidak tepat waktu.

Dalam modul ini akan dibahas mengenai:

  • Overview third party logistics;
  • 3PL transportation based;
  • Strategic challenges for 3pl users.

Peranan pengangkutan dalam dunia perdagangan bersifat mutlak, sebab tanpa pengangkutan suatu usaha tidak mungkin dapat berjalan, barang-barang yang dihasilkan oleh produsen atau pabrik-pabrik dapat sampai pada tangan pedagang atau pengusaha hanya dengan jalan pengangkutan, demikian juga agar sampai ke tangan konsumen.

Dalam modul akan dibahas apa saja yang perlu dipersiapkan dalam pengangkutan material. Pertama, evaluasi model persiapan transportasi meliputi overview model transportasi, metode penyelesaian fisibel awal, dan metode penyelesaian solusi optimum. Kedua, perencanaan teknologi informasi dalam persiapan transportasi meliputi peran teknologi informasi dalam transportasi, fungsi pemantauan, pelacakan, pengendalian, keamanan & keselamatan, dan teknologi informasi dalam transportasi barang (trucking).

Berkembangnya negara Indonesia bersamaan dengan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap jasa transportasi. Dengan begitu, perkembangan bisnis di Indonesia juga semakin meningkat karena munculnya bisnis jasa angkutan barang atau jasa transportasi yang berperan sebagai media mobilisasi seperti sewa pickup dan sewa truk.

Bisnis jasa angkutan barang menyediakan berbagai jenis transportasi dari mulai transportasi dengan muatan kecil, sedang hingga muatan banyak.

Saat ini sedang marak jasa angkutan barang yang menyediakan layanan angkutan barang dengan jumlah yang banyak, besar dan juga berat.

Muatan yang banyak, besar dan berat inilah terkadang disalahgunakan oleh para oknum pelaku bisnis. Seringkali kita jumpai truk dengan muatan yang melebihi kapasitas nya atau disebut dengan Over Dimension Overload (ODOL).

Dalam modul ini akan membahas mengenai kebijakan dan peraturan tentang Zero ODOL dan strategi menghadapi implementasi Zero ODOL tahun 2023.

Review Peserta