Materi Pelatihan

"Demand Forecast and S&OP" Batch 4
DETAIL PELATIHAN
  • Materi Kajian: 3
  • File Penunjang/latihan

"Demand Forecast and S&OP" Batch 4

0 Reviews
Rp3.000.000

Rp2.400.000

WAKTU: 15-25 Juli 2024

APA KEUNGGULAN PROGRAM INI?

  • Peramalan permintaan mengacu pada proses memprediksi permintaan konusmen atau meprediksi penjualan.
    Sales & Operations Planning merupakan sebuah proses untuk mengembangkan rencana taktis untuk mengarahkan bisnis secara strategis untuk mencapai keunggulan yang kompetitif.
  • Perusahaan-perusahaan yang ingin merebut peluang bisnis dalam industri manufaktur harus mempunyai kemampuan dalam mengelola permintaan dan penjualan.
  • e-Training ini difasilitasi praktisi & pakar profesional yang berpengalaman.
  • e-Training ini diadakan secara online, sehingga peserta dapat mengikutinya secara fleksibel, baik waktu maupun tempatnya, serta efisien dari aspek biaya.

TUJUAN

  1. Memberikan pemahaman mengenai peramalan permintaan dan perencanaan penjualan dan operasi yang diperlukan di semua bidang industri/perusahaan.
  2. Memberikan pemahaman mengenai cara mengatur permintaan dan kegiatan penjualan mencakup proses hingga metode peramalan.
  3. Memberikan gambaran dan informasi mengenai penanggulangan permintaan dan penjualan yang tidak menentu.

MATERI

  1. Fundamentals of Business Forecasting & Planning
  2. Forecasting Process
  3. Forecasting Execution
  4. Collaborative Forecasting
  5. Introduction to Sales & Operation Planning (S&OP) as Contemporary Method of Forecasting

SERTIFIKAT

Peserta yang lulus e-certification dari Ruang Logistik mendapatkan e-Certificate dari Supply Chain Indonesia (SCI) yang merupakan lembaga independen terdepan dalam bidang logistik dan supply chain di Indonesia.

PESERTA

Peserta dari perusahaan manufaktur, distribusi, penjualan, retailer, dll. serta dari instansi pemerintah.

JADWAL PELAKSANAAN

TANGGAL KEGIATAN
15-19 Juli 2024  Belajar Mandiri 
20 Juli 2024 Video Conference 1
21 Juli 2024 Video Conference 2
22 Juli 2024 e-Certification

BIAYA 

Kategori

Biaya (Rp)

Individu 3.000.000
Grup 2.500.000

Keterangan:

  • Diskon 20% bagi 10 peserta pertama (yang melakukan registrasi dan pembayaran).
  • Diskon tambahan 10% bagi peserta yang telah mengikuti program Ruang Logistik sebelumnya.
  • Grup: minimal 3 peserta dari 1 perusahaan.
  • Biaya sudah mencakup biaya e-Training dan biaya e-Certification dari Ruang Logistik/SCI.
  • Biaya tersebut tidak mencakup biaya sertifikasi dari BNSP.
  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan/tidak menyelesaikan program ini.  

FASILITAS

  • Akses 1 bulan ke platform ruanglogistik.id
  • Materi-materi pembelajaran
  • Latihan soal ujian/sertifikasi
  • Video conference dengan fasilitator
  • e-Certificate bagi yang lulus uji sertifikasi

REGISTRASI & INFORMASI

Program ini akan diselenggarakan dengan minimal 10 peserta.

Registrasi & pembayaran s.d. 12 Juli 2024 melalui platform https://ruanglogistik.id

Informasi:
Tari 0821 1515 9595
022 720 5375
info@ruanglogistik.id

Kurikulum

Apa itu sales and operations planning? Sales and operations planning (S&OP) adalah aspek perencanaan di supply chain yang bertujuan untuk menyelaraskan operasi sehari-hari dengan strategi perusahaan dengan membuat rencana bisnis berbasis konsensus yang terpadu. Untuk membuat S&OP diperlukan kolaborasi antara departemen penjualan dan operasi.

Dalam praktiknya, pembuatan S&OP membutuhkan partisipasi dari berbagai departemen lintas fungsi yang terlibat erat dalam sisi permintaan dan penawaran. Biasanya departemen yang terlibat antara lain pemasaran, pengadaan, manufaktur, transportasi, dan keuangan.

S&OP akan menghasilkan satu angka yang sama terkait dengan rencana penjualan dan operasi. Memangnya untuk apa angka ini? Angka inilah yang nantinya bisa Anda turunkan menjadi sebuah rencana pembelian bahan baku, rencana produksi, jadual pengiriman produk, dan sebagainya.

Dalam modul ini akan dibahas mengenai: gambaran, siklus hidup, pematangan, pemimpin, proses/input/output/kontrol dan aturan, tahapan dan proses, close loop, implementasi roadmap, serta ukuran dan metriks.

Perkiraan atau forecasting ialah kegiatan bertujuan meramalkan atau memprediksi hal terkait produksi, penawaran, permintaan, dan/atau penggunaan teknologi dalam sebuah bidang industri atau usaha tertentu. Perkiraan ini pada akhirnya akan digunakan oleh perusahaan maupun pihak manajemen operasional untuk membuat perencanaan terkait kegiatan usaha dalam beberapa periode tertentu.

Menjamin tingkat perkiraan akurat sebagai dasar perhitungan untuk proses bisnis kedepan tentu membutuhkan sebuah alat akurat yang telah teruji berdasarkan parameter-parameter tertentu. Dalam modul ini akan dibahas mengenai:

1.tren & tantangan dalam manajemen rantai pasok;

2.penciptaan nilai dalam manajemen rantai pasok;

3.gambaran: pentingnya perencanaan permintaan (demand);

4.pengantar perencanaan permintaan;

5.proses perencanaan & peramalan (forecast) permintaan;

6.pengukuran peramalan & manajemen kinerja;

7.manajemen permintaan & perencanaan permintaan dalam organisasi bisnis.

Metode peramalan (forecasting) adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengendalikan produksi. Metode ini cukup umum digunakan oleh perusahaan besar. Namun, beberapa pelaku usaha kecil dan menengah masih belum memahami bagaimana menentukan jumlah barang yang harus diproduksi.

Forecasting memegang peran penting sebuah usaha. Forecasting adalah cara yang tepat untuk menekan kerugian akibat produksi berlebihan. Dalam menentukan berapa banyak barang yang harus diproduksi, forecasting menggunakan data historis sebagai acuan.Dalam modul ini akan dibahas mengenai:

1.klasifikasi produk;

2.pengolahan data;

3.teknik peramalan;

4.peramalan kualitatif;

5.peramalan kuantitatif.

Review Peserta