Materi Pelatihan

"Basic Logistics" Batch 14
DETAIL PELATIHAN
  • 27 Peserta
  • Materi Kajian: 6
  • File Penunjang/latihan
  • E-certificate

"Basic Logistics" Batch 14

0 Reviews
Rp1.200.000

Rp420.000

WAKTU: 11-21 Maret  2024

APA KEUNGGULAN PROGRAM INI?

  • Pengetahuan dasar logistik diperlukan untuk memahami kompleksitas persoalan dalam dunia logistik. Aktivitas logistik dapat diartikan sebagai salah satu aktivitas mata rantai dalam supply chain management.
  • Melalui e-Training ini peserta akan memahami konsep-konsep dasar logistik dan cara-cara efektif dalam melakukan aktivitas pengelolaan logistik.
  • e-Training ini diselenggarakan secara online. Peserta dapat mengikutinya secara fleksibel, baik waktu maupun tempatnya sesuai kondisi, sehingga menghemat biaya.

TUJUAN

  1. Peserta dapat memahami konsep-konsep dasar logistik.
  2. Peserta dapat memahami cara-cara yang efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas-aktivitas utama pengelolaan logistik.

MATERI

  1. Pengantar Logistik dan Manajemen
  2. Rantai Pasok
  3. Manajemen Pergudangan
  4. Manajemen Pengadaan
  5. Manajemen Persediaan
  6. Manajemen Transportasi
  7. Teknologi dan Informasi dalam Logistik

SERTIFIKAT

Peserta yang lulus e-certification dari Ruang Logistik mendapatkan e-Certificate dari Supply Chain Indonesia (SCI) yang merupakan lembaga independen terdepan dalam bidang logistik dan supply chain di Indonesia.

e-Certificate ini menjadi salah satu syarat pelengkap untuk mengikuti uji sertifikasi dari BNSP melalui LSP terkait. Ruang Logistik akan memfasilitasi komunikasi dan koordinasi antara peserta dan LSP terkait untuk uji sertifikasi tersebut.

PESERTA

  • Mahasiswa 
  • Fresh Graduate
  • New Employee

JADWAL PELAKSANAAN

TANGGAL KEGIATAN
11-16 Mar. 2024 Belajar Mandiri 
17 Mar. 2024 Video Conference 
18 Mar. 2024 e-Certification 
19-21 Mar. 2024 Remedial

BIAYA 

Rp 420.000/peserta 

Keterangan:

  • Biaya sudah mencakup biaya e-Training dan biaya e-Certification dari Ruang Logistik/SCI.
  • Biaya tersebut tidak mencakup biaya sertifikasi dari BNSP.
  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan jika peserta membatalkan/tidak menyelesaikan program ini.  

FASILITAS

  • Akses 1 bulan ke platform ruanglogistik.id
  • Materi-materi pembelajaran
  • Latihan soal ujian/sertifikasi
  • Video conference dengan fasilitator
  • e-Certificate bagi yang lulus uji sertifikasi

REGISTRASI & INFORMASI

Program ini akan diselenggarakan dengan minimal 10 peserta.

Registrasi & pembayaran s.d. 8 Maret 2024 melalui platform https://ruanglogistik.id

Informasi:
Ayu 0821 1515 9595
022 720 5375
info@ruanglogistik.id

Kurikulum

Pengantar Logistik dan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) merupakan konsep-konsep fundamental yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aliran barang, jasa, informasi, dan dana dari titik asal ke titik konsumen dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan efisien.

Dalam modul ini akan dibahas terkait:

  • Sistem dan manajemen logistik;
  • Komponen-komponen manajemen logistik;
  • Tujuan supply chain management;
  • Alur supply chain;
  • Tantangan dalam SCM; dan
  • Supply chain key performance indicator.

Manajemen pergudangan, atau sering disebut juga manajemen gudang, mencakup serangkaian kegiatan dan praktik yang ditujukan untuk mengelola efisien penyimpanan, distribusi, dan pengendalian persediaan dalam suatu gudang atau fasilitas penyimpanan. Tujuan utama manajemen pergudangan adalah memastikan ketersediaan produk yang tepat pada waktu yang tepat, dengan biaya yang minimal.

Modul ini akan membahas terkait pengertian gudang, klasifikasi gudang, fungsi gudang, alur aktivitas pergudangan, dan klasifikasi system penyimpanan.

Manajemen pengadaan merujuk pada serangkaian proses dan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh barang, jasa, atau pekerjaan konstruksi yang diperlukan oleh suatu organisasi. Proses ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi dalam rangka memastikan bahwa kebutuhan organisasi terpenuhi secara efisien, efektif, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.  

Manajemen persediaan adalah suatu pendekatan strategis dalam mengelola persediaan barang atau bahan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan barang atau bahan yang tepat, pada tempat yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Manajemen persediaan melibatkan pengendalian atas aliran barang atau bahan dari titik awal hingga titik akhir dalam rantai pasok.

Manajemen persediaan juga memerlukan penggunaan metode dan teknologi tertentu seperti sistem informasi manajemen persediaan (Inventory Management System) untuk membantu pemantauan, perencanaan, dan pengendalian persediaan dengan lebih efektif. Tujuan utama dari manajemen persediaan adalah mengoptimalkan biaya persediaan sambil memastikan ketersediaan barang atau bahan yang diperlukan untuk menjaga kelancaran operasional perusahaan.

Manajemen transportasi adalah suatu pendekatan yang terorganisir untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan berbagai aspek dari sistem transportasi suatu wilayah atau organisasi. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan efisiensi, keamanan, dan ketersediaan transportasi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau organisasi.

Manajemen transportasi melibatkan kerjasama antara sektor publik dan swasta, serta berbagai tingkatan pemerintahan. Upaya terus-menerus untuk meningkatkan efisiensi, keberlanjutan, dan aksesibilitas transportasi merupakan bagian penting dari pengembangan kota dan wilayah yang berkelanjutan.

Teknologi informasi (TI) memiliki peran yang sangat penting dalam industri logistik, membantu mengoptimalkan proses, meningkatkan efisiensi, dan memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap rantai pasokan.

Kombinasi teknologi ini membentuk fondasi untuk logistik yang lebih efisien, adaptif, dan responsif terhadap perubahan pasar dan kebutuhan konsumen.

Review Peserta